• (0335) 8401552
  • bkd@probolinggokab.go.id
  • Jl. Raya Panglima Sudirman No. 134 Kraksaan-Probolinggo
Plt Bupati Probolinggo Serahkan SK Pengangkatan CPNS Dan PPPK Non Guru

Sebanyak 268 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 127 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Probolinggo, mendapatkan surat keputusan (SK) pengangkatan, Rabu 30 Maret 2022.

SK pengangkatan itu diberikan langsung oleh Plt Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, jalan Raya Panglima Sudirman Kota Kraksaan.

Penyerahan SK Pengangkatan CPNS dan PPPK ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Soeparwiyono serta para Asisten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Probolinggo Hudan Syarifuddin mengungkapkan pendaftaran CPNS dan PPPK Formasi Tahun 2021 dilaksanakan secara online dengan tes Computer Asissted Test (CAT) dari BKN.

“Untuk CPNS meliputi 3 (tiga) tahapan seleksi meliputi seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang. Untuk PPPK meliputi 2 (dua) tahapan seleksi meliputi seleksi administrasi dan seleksi kompetensi dan wawancara,” ungkapnya.

Menurut Hudan, jumlah pendaftar PNS sebanyak 4.028 orang dan yang memenuhi persyaratan untuk diangkat menjadi CPNS sebanyak 268 orang. Terdiri dari jabatan fungsional tertentu tenaga kesehatan sebanyak 206 orang dan tenaga teknis sebanyak 62 orang.

“Jumlah pendaftar PPPK sebanyak 950 orang dan yang memenuhi persyaratan untuk diangkat menjadi PPPK sebanyak 127 orang. Terdiri dari jabatan fungsional tertentu tenaga kesehatan sebanyak 118 orang dan tenaga teknis sebanyak 9 orang,” terangnya.

Sementara Plt Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko mengucapkan selamat kepada yang telah diterima dan diangkat menjadi CPNS dan PPPK di lingkungan Pemkab Probolinggo dengan harapan menerima karunia dan amanah sebagai CPNS dan PPPK dengan penuh rasa syukur dan tanggung jawab.

“Kesempatan menjadi CPNS dan PPPK ini jangan sampai disia-siakan tapi harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Hendaknya dapat dijaga dan diimbangi dengan kejujuran, keikhlasan serta prestasi dalam bekerja. Untuk itu dibutuhkan suatu keseriusan, tanggung jawab moral dan komitmen bersama serta bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Timbul menjelaskan, kalau jabatan CPNS dan PPPK merupakan amanah pemerintah yang harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab. Dengan menerima SK CPNS dan PPPK ini, maka terikat bukan lagi sebagai orang yang bebas berbuat dan berperilaku, tetapi ada aturan dan norma yang mengikat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Karena itu agar para CPNS dan PPPK untuk bisa menjaga sikap dan perilaku, jaga nama baik korps dan integritas sebagai abdi negara, pelajarilah aturan-aturan yang berhubungan dengan hak dan kewajiban serta larangan-larangan bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Plt Bupati Timbul mengajak kepada seluruh CPNS dan PPPK untuk bekerja di tempat kerja masing-masing secara profesional sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Probolinggo mengharapkan peran dan kiprahnya dalam mengabdikan diri sebagai ASN di Kabupaten Probolinggo secara optimal.

“Diharapkan saudara juga bisa menjadi panutan bagi masyarakat baik dalam berperilaku, bekerja maupun dalam berinteraksi dengan masyarakat di lingkungan masing-masing,” harapanya.

Dia meminta kepada seluruh CPNS dan PPPK yang telah menerima SK Pengangkatannya untuk segera melakukan adaptasi terhadap tugas pokok dan fungsi jabatan masing-masing serta membangun koordinasi, komunikasi dan kerja sama efektif secara berjenjang, baik dengan pimpinan ataupun dengan rekan kerja.

“Perlu kita sadari bahwa tugas pelayanan bukanlah pekerjaan mudah, apalagi kebutuhan dan kepentingan masyarakat semakin meningkat dan beragam. Oleh karena itu, segera pelajari dan pahami tupoksi serta lingkungan kerja masing-masing secara cepat dan akurat sehingga proses adaptasi pegawai berjalan secara cepat pula. Tingkatkan motivasi dan semangat kerja, sehingga tugas-tugas yang telah dipercayakan dapat dilaksanakan dengan baik,” terangnya.

Selain itu, Timbul juga meminta kepada CPNS dan PPPK untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif dan memupuk kerja sama yang baik diantara pimpinan dan rekan kerja di lingkungan unit kerja masing-masing agar tugas-tugas yang menjadi tanggungjawab dapat dicapai dengan hasil maksimal.

“Saya ucapkan selamat kepada para CPNS dan PPPK yang telah menerima SK CPNS dan PPPK. Saya yakin dan percaya bahwa saudara-saudara akan mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang dipercayakan oleh pemerintah dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya